Tujuan Komunikasi

Pendekatan Strategi Komunikasi

Tujuan utama penyusunan Panduan Komunikasi Pelaksanaan Pencapaian SDGs Indonesia ini adalah untuk meningkatkan kesadaran (awareness), minat (interest) dan partisipasi semua pihak terhadap pencapaian SDGs di Indonesia. Panduan Komunikasi ini juga akan menjadi dasar untuk berbagai kegiatan komunikasi dan advokasi SDGs Indonesia yang dilakukan di tingkat nasional dan daerah maupun program-program komunikasi SDGs lain dari para pemangku kepentingan.

Sementara dalam pelaksanaan kegiatan, pendekatan strategi komunikasi SDGs yang digunakan adalah pendekatan Awareness, Interest, Searching, Action and Sharing (AISAS). Seperti uraian di bawah, pendekatan komunikasi akan melalui tahap-tahap; membangun kesadaran (awareness), menciptakan minat (interest), menginisiasi pencarian (searching) isu-isu SDGs, menciptakan aksi (action) dan berbagi (sharing) pengetahuan, pengalaman atau pembelajaran.   

Sumber: Fortune PR

Sebagai panduan perencanaan dan pemantauan kegiatan komunikasi maka perlu dikembangkan Rencana Kerja Komunikasi yang bertujuan membantu merealisasikan Strategi Komunikasi melalui unit-unit kegiatan yang dapat diukur dengan Key Performance Indicators (KPI). Pembuatan Rencana Kerja Komunikasi ini dapat dilakukan untuk periode per semester, per tahun, bahkan per tiga dan lima tahun. Sementara perumusan jenis-jenis kegiatan dan pemetaan sumber daya (resources) dapat dilakukan dengan memperhatikan tahap-tahap pendekatan Awareness, Interest, Searching, Action and Sharing (AISAS) tersebut di atas.  

Dalam perumusan Rencana Kerja Komunikasi, elemen-elemen yang harus disertakan yaitu :

  1. Tujuan strategis yang ingin dicapai;
  2. Outcome (hasil) adalah suatu keluaran (output) yang dapat langsung digunakan atau hasil nyata dari suatu output, segala sesuatu yang mencerminkan berfungsinya output dari kegiatan-kegiatan dalam suatu program.  
  3. Output (keluaran) adalah sesuatu yang terjadi akibat proses tertentu dengan menggunakan masukan atau input yang telah ditetapkan.
  4. Target audience atau khalayak yang menjadi sasaran suatu kegiatan komunikasi
  5. Jadwal atau deadline suatu kegiatan harus selesai dilakukan atau dicapai;
  6. Penanggung jawab dan pihak-pihak yang dapat membantu kegiatan tersebut;
  7. Anggaran kegiatan.

Connect with SDGs Indonesia

Enter your email address to get inspiring stories straight to your inbox.