Duta Kampus SDGs UNHAS Aktif Ikuti Forum The 1st National Student Leader on Sustainability Meeting (NSLSM) 2021 di Lampung

Duta Kampus SDGs UNHAS Aktif Ikuti Forum The 1st National Student Leader on Sustainability Meeting (NSLSM) 2021 di Lampung

The 1st National Student Leaders on Sustainability Meeting (NSLSM) 2021 adalah program dialog interaktif yang mempertemukan mahasiswa dengan stakeholders yang memiliki kesamaan visi di bidang keberlanjutan. Program ini diinisiasi oleh UI Green Metric yang pada tahun 2021 terselenggara di UIN Raden Intan Lampung. Kegiatan yang akan menjadi forum tahunan ini pertama kali dilaksanakan pada 27 – 29 Oktober 2021 dengan memiliki berbagai agenda yang bertujuan mengakselerasi transformasi perguruan tinggi yang menjunjung nilai-nilai keberlanjutan.

Dengan mengusung tema “Creating Future Leader in Sustainability” forum NSLSM mengundang 31 mahasiswa dari perwakilan provinsi di Indonesia untuk terlibat langsung dalam kegiatan dengan diikuti ratusan mahasiswa lainnya yang bergabung melalui Zoom meeting. Samintang, Duta Kampus SDGs Center Universitas Hassanudin (UNHAS) berkesempatan hadir untuk mewakili  Sulawesi Sulatan dan mengaku sangat antusias untuk mengikuti kegiatan.

Hari pertama forum NSLSM dimeriahkan dengan kehadiran Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc., M.M selaku Ketua UI GreenMetric World University Rankings memberikan paparan menaarik tentang esensi pembangunan berkelanjutan yang dikolaborasikan dengan kontribusi kawula muda. Dalam penampilan pembacaan puisi berjudul “Feri Merak Bakauheni” terdapat pesan kunci yang disampaikan oleh Ibu Riri sebagai pengingat bagi pemuda agar tidak berhenti dalam berkarya dan memperjuangkan cita-cita dalam mewujudkan dunia yang lebih baik.

Sementara hari kedua diisi dengan adanya adanya sesi Focus Group Discussion (FGD) antara 3I student leader speakers serta peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang membahas isu di bidang penataan dan infrastruktur, energi dan perubahan iklim, pengelolaan air, pengelolaan limbah, transportasi, serta pendidikan. Penayangan video dari masing-masing mahasiswa sebagai perwakilan universitas ditampilkan dengan hasil yang menarik, informatif, edukatif, dan inspiratif. Forum diskusinya sendiri melahirkan beragam solusi atas problematika di bidang keberlanjutan dalam konteks perguruan tinggi selama ini. Kemudian pada hari ketiga diisi agenda belajar sambil berwisata di pelabuhan Ketapang dan pulau Pahawang untuk melakukan penanaman mangrove sekaligus membersihkan pantai dari sampah plastik.

Beragam kegiatan yang telah terelealisasi itu harapannya bisa mendorong mahasiswa mahasiswa terbaik dari masing-masing provinsi di Indonesia untuk menciptakan penataan dan infrastruktur yang terpadu dan ideal. Dengan memperhatikan akselerasi transisi energi, pemanfaatan energi baru terbarukan, mitigasi multiplier effect perubahan iklim, mendorong sistem pengelolaan air yang berwawasan lingkungan, mengoptimalkan keunggulan aspek pendidikan dan penguatan kesadaran ilmiah melalui penelitian berkelanjutan.

Leave a Reply