Webinar SDG 16 Business Framework & Reporting: Consultation Class II: Corruption, Bribery, Illicit Financial Flow, Transparency

Webinar SDG 16 Business Framework & Reporting: Consultation Class II: Corruption, Bribery, Illicit Financial Flow, Transparency

Webinar SDG 16 Business Framework & Reporting: Consultation Class II: Corruption, Bribery, Illicit Financial Flow, Transparency

Sebagai rangkaian Launching SDG16 Business Framework & Reporting pada 1 Maret 2022 yang lalu, adalah Kelas Konsultasi pertama pada tanggal 8 Maret 2022 dengan tema Business and Human Rights, Women Rights, Child Rights.  Konsultasi Kelas Kedua dengan tema “Corruption, Bribery, Illicit Financial Flow, Transparency” yang telah dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2022.

Kelas Konsultasi II menyajikan tentang bagaimana perusahaan dapat mengadopsi dan menerapkan praktik-praktik baik di internal maupun eksternal perusahaan sebagaimana  dicontohkan pada SDG16 Business Framework untuk target 16.4 terkait pengurangan aliran dana gelap maupun senjata, menguatkan pemulihan dan pengembalian aset curian dan memerangi segala bentuk kejahatan yang terorganisasi; target 16.5  tentang pengurangin korupsi dan penyuapan dalam segala bentuknya dan target 16.6 untuk lembaga yang efektif, akuntabel, dan transparan serta target 16.10 tentang jaminan akses publik terhadap informasi.

Para pembicara menekankan upaya-upaya yang telah dan sedang dilakukan oleh pemerintah dan perusahaan, serta aktor lainnya untuk mencegah korupsi di perusahaan, mencegah aliran dana gelap, dan pentingnya keterbukaan informasi serta konsekuensi bagi korporasi. Sudah terdapat berbagai peraturan, regulasi, serta SOP atau Guidelines, dan juga Pelatihan terkait pencegahan korupsi dan keterbukaan informasi.

Kesadaran korporasi untuk bertanggungjawab atas perusahaannya dalam berkontribusi kepada pencapaian target SDG tersebut penting sekali. Salah satu pembicara, Ah Maftuchan, Direktur Eksekutif NGO Prakarsa menyatakan bahwa “Perusahaan mempunyai tanggungjawab pada improvement of public goods and services. Mereka harus punya kesadaran bukan sebagai organisasi yang fokus hanya kepada profit-making tetapi juga sebagai aktor pembangunan.” Pembicara Utama lainnya yaitu Dwi Linda dari Direktorat Anti Korupsi Badan Usaha, KPK dan Arif Adi Kuswardono, Komisioner dari Komisi Informasi Pusat (KIP). Ibu Lany Harijanti dari GRI Indonesia Country Desk menyampaikan cara pelaporan dengan GRI Universal Standard yagn relevan dengan SDG16.

Kelas Konsultasi III, yang menjadi kelas terakhir, akan diadakan pada tanggal 22 Maret 2022 dengan tema “Accountable, Effective, Transparent Institutions” yang akan menghadirkan pembicara dari CIPG & Kementerian PPN/Bappenas, IICD, serta Unilever Indonesia.

Leave a Reply

small_c_popup.png

SEGERA DIBUKA PENDAFTARAN
INDONESIA'S
SDGs ACTION AWARDS 2022

Apa itu SDGs Action Awards?

Indonesia’s SDGs Action Awards adalah penghargaan atau apresiasi Pemerintah Indonesia kepada para pihak yang telah menunjukan kinerja terbaiknya dalam bentuk aksi-aksi nyata yang berdampak untuk mendukung pencapaian target-target SDGs.

Siapa yang dapat mengikuti SDGs Award?

   Kementerian/Lembaga

    Pemerintah Daerah Provinsi

    Organisasi Masyarakat Sipil

    Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian

    Pelaku Usaha

    Organisasi Orang muda

Ingin mendapat notifikasi ketika pendaftaran dibuka?

Tinggalkan email Anda, kami akan mengirimkan notifikasi saat pendaftaran telah dibuka