Workshop Peningkatan Kapasitas Daerah dalam Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs)
Workshop Peningkatan Kapasitas Daerah

Workshop Peningkatan Kapasitas Daerah dalam Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs)

Workshop Peningkatan Kapasitas Daerah dalam Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs)

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) menyelenggarakan workshop peningkatan kapasitas daerah guna mendiskusikan langkah-langkah penguatan pelaksanaan TPB/SDGs yang harus dilakukan oleh para pemangku kepentingan tingkat daerah khususnya Bappeda provinsi yang merupakan koordinator pelaksanaan TPB/SDGs di tingkat daerah sebagai upaya percepatan pencapaian TPB/SDGs. Workshop dilaksanakan pada hari Rabu (06/04/2022) secara daring melalui platform Zoom serta disiarkan secara langsung di Youtube Sekretariat Nasional SDGs dan Youtube TVDesa. Workshop dihadiri oleh kurang lebih 211 peserta melalui platform zoom yang terdiri atas perwakilan Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, Bappeda 34 provinsi, SDGs Center dari 26 Perguruan Tinggi di Indonesia, Badan Pusat Statistik, mitra pembangun, serta diikuti secara langsung oleh lebih dari 425 peserta dari beberapa dinas di tingkat provinsi, kab/kota serta para pendamping desa.

Workshop diselenggarakan sebagai pelaksanaan amanat Peraturan Presiden No. 59 Tahun 2017 Tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) oleh Kementerian PPN/Bappenas dalam mengoordinasikan fasilitasi dan pendampingan penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) TPB/SDGs, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan pencapaian TPB/SDGs tingkat nasional dan daerah.

Workshop dibuka oleh Dr. Ir. Arifin Rudiyanto – Plt. Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian PPN/Bappenas selaku Ketua Tim Pelaksana Koordinasi Nasional TPB/SDGs, yang dilanjutkan dengan arahan dari Dr. Vivi Yulaswati, MSc. – Staf Ahli Menteri Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan selaku Kepala Sekretariat Nasional TPB/SDGs tentang beberapa studi untuk penguatan pelaksanaan TPB/SDGs di daerah. Pengantar pembahasan teknis materi workshop disampaikan oleh Yanuar Nugroho, Ph.D – Koordinator Tim Ahli Sekretariat Nasional TPB/SDGs.

Terdapat empat agenda utama yang dibahas dalam workshop, yaitu mendiskusikan secara teknis Metadata Indikator TPB/SDGs Indonesia, penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD), monitoring dan evaluasi pelaksanaan TPB/SDGs daerah, serta strategi komunikasi TPB/SDGs di daerah. Pembahasan pertama tentang perkembangan Metadata Indikator TPB/SDGs Indonesia edisi II dipaparkan oleh Manajer Pilar Pembangunan Sosial Seknas SDGs – Sanjoyo. Sesi pertama ini dilengkapi dengan pembahasan tentang keselarasan TPB/SDGs dengan RPJMD dan RAD TPB/SDGs yang disampaikan oleh Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Derah I Kementerian Dalam Negeri – Edison Siagian. Sesi kedua, mendiskusikan teknis penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) yang disampaikan oleh Manajer Pilar Pembangunan Lingkungan Seknas SDGs – Rachman Kurniawan. Sesi ketiga membahas teknis pemantauan dan evaluasi pelaksanaan TBP/SDGs serta ketersediaan data indikator TPB/SDGs di tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota yang disampaikan oleh Manajer Monitoring dan Evaluasi Seknas SDGs – Gantjang Amannullah. Pada sesi terakhir mendiskusikan strategi komunikasi  serta teknik komunikasi publik agar TPB/SDGs  daerah menjadi sebuah gerakan bersama seluruh masyarakat, dengan pemaparan oleh Koordinator Humas dan Informasi Publik, Biro Humas dan Tata Usaha Pimpinan Kementerian PPN/Bappenas – David Tinambunan dan Manajer Pilar Pembangunan Hukum dan Tata Kelola Seknas SDGs – Indriana Nugraheni.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00-15.00 WIB ini diharapkan makin menguatkan proses dan meningkatkan mekanisme pelaksanaan TPB/SDGs di daerah melalui fasilitasi dan pendampingan tingkat pusat kepada daerah. Beberapa hal yang akan dan perlu ditindak lanjuti dari workshop antara lain: upaya untuk memperbaiki instrumen pelaksanaan TPB/SDGs termasuk penyiapan sistem untuk digitalisasi RAD TPB/SDGs; pemutakhiran sinkronisasi indikator TPB/SDGs dalam lampiran regulasi KLHS-RPJMD; penguatan kolaborasi pemerintah daerah dengan SDGs Center dan pemangku kepentingan nonpemerintah lainnya dalam penyusunan, pelaksanaan, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan TPB/SDGs; dan pentingnya pelaksanaan komunikasi publik di tingkat daerah.

Bagi yang ingin menyaksikan tayangan ulang dapat dilihat melalui tautan https://www.youtube.com/watch?v=jSfR6aLpfzo Bagi yang ingin mendapatkan materi paparan narasumber, dapat diunduh melalui tautan http://bit.ly/ppt0031

Leave a Reply

small_c_popup.png

SEGERA DIBUKA PENDAFTARAN
INDONESIA'S
SDGs ACTION AWARDS 2022

Apa itu SDGs Action Awards?

Indonesia’s SDGs Action Awards adalah penghargaan atau apresiasi Pemerintah Indonesia kepada para pihak yang telah menunjukan kinerja terbaiknya dalam bentuk aksi-aksi nyata yang berdampak untuk mendukung pencapaian target-target SDGs.

Siapa yang dapat mengikuti SDGs Award?

   Kementerian/Lembaga

    Pemerintah Daerah Provinsi

    Organisasi Masyarakat Sipil

    Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian

    Pelaku Usaha

    Organisasi Orang muda

Ingin mendapat notifikasi ketika pendaftaran dibuka?

Tinggalkan email Anda, kami akan mengirimkan notifikasi saat pendaftaran telah dibuka