BAPPENAS KAMPANYEKAN EKONOMI HIJAU
DAN KOTA BERKELANJUTAN
DI MRT JAKARTA

JAKARTA – Sebagai upaya mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) di Indonesia pada 2030, Kementerian PPN/Bappenas bersama PT MRT Jakarta meluncurkan kampanye TPB/SDGs di Stasiun MRT Jakarta Bundaran HI, Selasa (12/9). Kampanye ekonomi hijau dan kota berkelanjutan tersebut ditampilkan melalui video singkat dan poster di ruang publik Stasiun MRT Jakarta. “Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mencapai agenda global TPB/SDGs di 2030. Dalam Dekade Aksi yang tinggal tujuh tahun lagi ini, gaung TPB/SDGs harus lebih ditingkatkan agar TPB/SDGs dapat dicapai tepat waktu. Moda transportasi umum menjadi salah satu sarana strategis untuk mempromosikan TPB/SDGs dan mendorong gaya hidup berkelanjutan, serta mendukung pengurangan polusi dan emisi,” jelas Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Kampanye TPB/SDGs membidik beberapa tujuan dari TPB/SDGs, yaitu Tujuan 9: Industri, Inovasi dan Infrastruktur; Tujuan 11: Kota dan Pemukiman Berkelanjutan; Tujuan 12: Konsumsi dan Produksi Bertanggung Jawab; Tujuan 13: Penanganan Perubahan Iklim; serta Tujuan 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. Sejalan dengan prioritas pembangunan nasional, kampanye ini mengangkat beberapa isu, di antaranya penanganan perubahan iklim, mobilitas berkelanjutan dengan transportasi ramah lingkungan, pengelolaan sampah, serta upaya penurunan tingkat polusi.

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2023, penyumbang polusi terbesar di Indonesia adalah sektor transportasi sebesar 44 persen, diikuti industri energi sebesar 31 persen, sektor perumahan dan komersial sebesar 15 persen, serta sektor manufaktur sebesar 10 persen. Data tersebut menunjukkan penyumbang emisi GRK terbesar di Indonesia adalah sektor energi, salah satunya melalui penggunaan bahan bakar pada transportasi. Pada 2022 tercatat lebih dari 3,7 juta pengguna mobil penumpang dan 17,3 juta pengguna sepeda motor di DKI Jakarta.

“PT MRT Jakarta sangat mendukung upaya mempercepat pencapaian TPB/SDGs di Indonesia. Kami mendukung penuh pembangunan berkelanjutan karena meyakini konsep yang mengedepankan keselarasan antara aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan merupakan yang terbaik. Keselarasan antara pemenuhan aspek ekonomi, lingkungan hidup, dan sosial menjadi fokus MRT Jakarta karena tugas dan mandat yang diberikan selaras dengan upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup dan kepedulian terhadap isu sosial,” ungkap Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat.

MRT Jakarta dipilih sebagai ruang kampanye publik TPB/SDGs mengingat angka keterangkutan mencapai 97 ribu orang per hari, ditambah potensi media luar ruang yang dilihat ratusan ribu hingga jutaan pengguna jalan Jakarta. Masyarakat dapat mengetahui informasi terkait kampanye ini melalui poster, KIOSK, LED Trone di 13 stasiun MRT, serta media sosial MRT Jakarta selama satu bulan ke depan. “Kami mengajak masyarakat untuk mendukung ekonomi hijau dan kota berkelanjutan melalui penggunaan transportasi publik untuk mobilitas sehari-hari dan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor emisi tinggi, karena dengan kolaborasi maka aspek-aspek keberlanjutan dapat diwujudkan,” jelas Dirut Tuhiyat.

Menteri Suharso bersama Dirut Tuhiyat juga berkesempatan berdiskusi bersama Duta Kampus TPB/SDGs dan Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan DKI Jakarta yang turut berperan dalam menyosialisasikan penggunaan transportasi umum. “Saya harap, kegiatan kampanye TPB/SDGs di MRT ini mampu mendorong masyarakat untuk lebih terlibat dalam gerakan bersama menuju kota berkelanjutan dengan beralih menggunakan transportasi umum, khususnya MRT. Selain berkontribusi pada pencapaian TPB/SDGs, juga berperan mengurangi polusi udara dan kemacetan, meningkatkan kualitas hidup, sekaligus mendukung upaya green economy dan green environment yang inklusif,” pungkas Menteri Suharso.

Penulis: Septia Anisa

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

more insights