Dashboard SDGs merupakan visualisasi capaian indikator dari 17 Tujuan SDGs Indonesia yang sebagian besar adalah indikator pembangunan nasional maupun daerah. Dashboard ini juga dilengkapi berbagai fitur analisis sehingga memudahkan pengguna mengeksplorasi data secara lebih dalam.

Dashboard disusun dan dimutakhirkan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas selaku Koordinator Pelaksana SDGs di Indonesia bersama BPS dan didukung oleh lembaga-lembaga UN.

INDIKATOR MAKRO

Fitur ini menampilkan data capaian sasaran makro pembangunan, yaitu pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran terbuka, tingkat kemiskinan, rasio gini, indeks pembangunan manusia, emisi gas rumah kaca, nilai tukar petani, dan nilai tukar nelayan.

INDIKATOR SDGs

Fitur ini menampilkan data capaian indikator SDGs untuk 17 Tujuan yang mengacu pada Metadata Indikator SDGs Indonesia pada tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

KETERSEDIAAN DATA

Fitur ini menampilkan status ketersediaan data setiap indikator SDGs berdasarkan tujuan dan pilar pembangunan

DASBOR ANALITIK

Fitur ini menampilkan analisis tren capaian, selisih penurunan/kenaikan dari tahun sebelumnya, perbandingan capaian dengan target nasional, dan analisis sebaran capaian per provinsi untuk setiap indikator SDGs.
Note: Klik semua opsi untuk memunculkan grafik
DOWNLOAD DATA

ANALITIK LANJUTAN

Fitur ini menampilkan: (a) analisis korelasi linear antara dua indikator SDGs, (b) analisis multi grafik untuk visualisasi 4 indikator dalam satu layar secara bersamaan, (c) monitoring dan evaluasi ketersediaan data serta tren capaian indikator, dan (d) specific age untuk analisis capaian berdasarkan kelompok umur tertentu.