“KICK OFF” PEMBUATAN RENCANA AKSI NASIONAL Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) 2020-2024

“KICK OFF” PEMBUATAN RENCANA AKSI NASIONAL Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) 2020-2024

Tim Koordinasi Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) Indonesia akan memulai rangkaian pembuatan Rencana Aksi Nasional (RAN) SDGs 2020 – 2024 pada bulan September 2020.

Seperti halnya RAN SDGs periode 2017 – 2019, proses penyusunan RAN SDGs periode 2020 – 2024 juga akan disusun secara inklusif. Indonesia terus berkomitmen pada prinsip memastikan tak seorangpun tertinggal dalam pembangunan (No One Left Behind), oleh karena itu RAN SDGs berisi program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pemerintah maupun organisasi non-pemerintah.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas sebagai Koordinator Nasional Pelaksanaan SDGs membuka jendela dan pintu baik pada kementerian/lembaga, pelaku usaha dan filantropi, organisasi kemasyarakatan dan media, serta perguruan tinggi untuk berpartisipasi dalam penyusunan RAN SDGs 2020-2024. Indonesia telah mengarusutamakan SDGs dalam berbagai dokumen perencanaan pembangunan, artinya bagi Indonesia menjalankan SDGs artinya sekaligus  menjalankan pembangunan nasional. RAN SDGs adalah wahana orkestrasi besar pembangunan yang dilakukan secara gotong royong oleh segenap potensi bangsa.

Indonesia terus berkomitmen melaksanakan transformasi peradaban global yang lebih adil, damai, sejahtera, dan berkelanjutan sebagai perwujudan pelaksanaan kebijakan bebas dan aktif di kancah dunia. SDGs merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat dan memenuhi tanggung jawab warga dunia. Indonesia adalah salah satu negara yang menginiasi kesepakatan SDGs di tingkat global. Indonesia juga bangga menjadi salah satu rujukan (role model) SDGs terbaik di tingkat dunia.

Bappenas melalui Sekretariat Nasional SDGs akan memfasilitasi proses penyusunan RAN SDGs periode 2020-2024 secara inklusif. Kami mengajak semua kelembagaan pemangku kepentingan, baik  pemerintah maupun non pemerintah, untuk mempersiapkan diri menyumbangkan berbagai program dan kegiatan terkait pencapaian SDGs. Untuk memudahkan penyelarasan dalam orkestrasi besar SDGs, Seknas SDGs telah menyusun Panduan Pembuatan Rencana Aksi SDGs bagi semua pemangku kepentingan. Panduan tersebut akan segera diluncurkan, serta undangan pada semua stakeholder secara resmi akan disampaikan dalam waktu dekat. Salam SDGs!!

Leave a Reply

small_c_popup.png

SEGERA DIBUKA PENDAFTARAN
INDONESIA'S
SDGs ACTION AWARDS 2022

Apa itu SDGs Action Awards?

Indonesia’s SDGs Action Awards adalah penghargaan atau apresiasi Pemerintah Indonesia kepada para pihak yang telah menunjukan kinerja terbaiknya dalam bentuk aksi-aksi nyata yang berdampak untuk mendukung pencapaian target-target SDGs.

Siapa yang dapat mengikuti SDGs Award?

   Kementerian/Lembaga

    Pemerintah Daerah Provinsi

    Organisasi Masyarakat Sipil

    Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian

    Pelaku Usaha

    Organisasi Orang muda

Ingin mendapat notifikasi ketika pendaftaran dibuka?

Tinggalkan email Anda, kami akan mengirimkan notifikasi saat pendaftaran telah dibuka