Konsultasi Publik atas Laporan VNR 2021

Konsultasi Publik atas Laporan VNR 2021

 Tahun 2021 menjadi tahun ketiga bagi Pemerintah Indonesia sebagai salah satu negara yang akan menyampaikan Voluntary National Review (VNR) pada High Level Political Forum (HLPF) untuk SDGs di kantor PBB, New York pada bulan Juli 2021. Tema utama HLPF yang diangkat dan menjadi dasar VNR tahun 2021 adalah tentang “Sustainable and resilient recovery from the COVID-19 pandemic for the achievement of the 2030 Agenda“. Fokus utama pembahasan pada Sembilan (9) Tujuan, yaitu: Tujuan 1 (Tanpa Kemiskinan), Tujuan 2 (Tanpa Kelaparan), Tujuan 3 (Kehidupan Sehat dan Sejahtera), Tujuan 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi), Tujuan 10 (Berkurangnya Kesenjangan), Tujuan 12 (Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab), Tujuan 13 (Penanganan Perubahan Iklim), Tujuan 16 (Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Tangguh), serta Tujuan 17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan). Selain dari keenam Tujuan tersebut, laporan VNR 2021 Indonesia akan menampilkan capaian dari kedelapan Tujuan lainnya. 

Sehubungan dengan hal tersebut telah dilakukan serangkaian serial pertemuan pembahasan penyusunan laporan VNR yang melibatkan pihak Pemerintah, Filantropi dan Pelaku Usaha, Organisasi Kemasyarakatan maupun akademisi. Dari hasil pembahasan telah disusun Rancangan awal Laporan VNR 2021 Indonesia. Rancangan ini masih difokuskan pada bagian pembahasan analisis capaian setiap Tujuan. Untuk itu, dalam rangka menjaga proses yang inklusif dan memastikan no one left behind dalam analisisnya, kami bermaksud mendapatkan masukan publik guna penyempurnaan laporan. 

Adapun mekanisme pemberian masukan secara daring (online) dapat dilakukan sebagai berikut: 

1. Mengunduh (download) dokumen Rancangan Laporan VNR 2021 Indonesia pada tautan: http://bit.ly/rancanganvnr2021

2. Setelah mempelajari isi Rancangan Laporan VNR 2021 maka dapat menyampaikan komentar, masukan, koreksi, dan referensi (bila ada) dengan mengisi formulir secara online pada tautan: http://bit.ly/formmasukanvnr2021

Kami harap masukan online dapat disampaikan paling lambat tanggal 23 April 2021

Demikian disampaikan, terima kasih atas partisipasi dan keterlibatan Bapak/Ibu/Saudara/i dalam proses penyusunan dokumen VNR 2021 Indonesia secara bersama-sama. 

Leave a Reply

small_c_popup.png

SEGERA DIBUKA PENDAFTARAN
INDONESIA'S
SDGs ACTION AWARDS 2022

Apa itu SDGs Action Awards?

Indonesia’s SDGs Action Awards adalah penghargaan atau apresiasi Pemerintah Indonesia kepada para pihak yang telah menunjukan kinerja terbaiknya dalam bentuk aksi-aksi nyata yang berdampak untuk mendukung pencapaian target-target SDGs.

Siapa yang dapat mengikuti SDGs Award?

   Kementerian/Lembaga

    Pemerintah Daerah Provinsi

    Organisasi Masyarakat Sipil

    Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian

    Pelaku Usaha

    Organisasi Orang muda

Ingin mendapat notifikasi ketika pendaftaran dibuka?

Tinggalkan email Anda, kami akan mengirimkan notifikasi saat pendaftaran telah dibuka