Konsultasi Publik:  Masukan Rancangan Laporan VNR 2019 Indonesia

Konsultasi Publik: Masukan Rancangan Laporan VNR 2019 Indonesia

Pemerintah Indonesia telah mengajukan prakarsa untuk menjadi salah satu negara yang akan menyampaikan Voluntary National Review 2019 (VNR 2019) pada High Level Political Forum (HLPF) untuk SDGs di kantor PBB, New York pada bulan Juli 2019. Tema yang diangkat pada HLPF tahun ini adalah tentang “Empowering people and ensuring inclusiveness and equality” dengan memfokuskan pembahasan yang mendalam pada enam (6) Tujuan (Goal) yaitu: Tujuan 4 (Pendidikan Berkualitas), Tujuan 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi), Tujuan 10 (Berkurangnya Kesenjangan), Tujuan 13 (Penanganan Perubahan Iklim), Tujuan 16 (Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Tangguh), serta Tujuan 17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan). Selain dari keenam Tujuan tersebut, laporan VNR 2019 Indonesia akan menampilkan capaian dari kesebelas Tujuan lainnya.

Sehubungan dengan hal ini telah dilakukan serangkaian pertemuan pembahasan guna penyusunan laporan tersebut yang melibatkan baik pihak Pemerintah, Filantropi dan Pelaku Usaha, Organisasi Kemasyarakatan maupun akademisi. Dari hasil pembahasan tersebut telah disusun Rancangan Laporan VNR 2019 Indonesia. Rancangan ini masih difokuskan pada bagian pembahasan analisis capaian setiap Tujuan. Untuk itu, untuk menjaga proses yang inklusif, kami bermaksud meminta masukan publik atas rancangan tersebut guna penyempurnaan laporan. Adapun mekanisme pemberian masukan secara online dapat dilakukan sebagai berikut:

  1. Mengunduh (download) dokumen Rancangan Laporan VNR 2019 Indonesia yang ada di tautan berikut: bit.ly/rancanganvnr2019
  2. Setelah mempelajari isi Rancangan Laporan VNR 2019 maka dapat menyampaikan pendapat atas rancangan tersebut pada laman ini dengan mengisi formulir masukan online pada: bit.ly/formvnr2019

Kami harap Masukan online dapat disampaikan paling lambat tanggal 23 Mei 2019

Terima kasih atas partisipasi dan keterlibatan Bapak/Ibu/Saudara dalam pelaksanaan TPB/SDGs di Indonesia, salah satunya dengan berkontribusi atas Rancangan Laporan VNR 2019 Indonesia.

 

Ketua Tim Pelaksana Tim Koordinasi Nasional

TPB/SDGs Indonesia

Arifin Rudiyanto

UNDUH ORIGINAL FILE

 

 

Leave a Reply

small_c_popup.png

SEGERA DIBUKA PENDAFTARAN
INDONESIA'S
SDGs ACTION AWARDS 2022

Apa itu SDGs Action Awards?

Indonesia’s SDGs Action Awards adalah penghargaan atau apresiasi Pemerintah Indonesia kepada para pihak yang telah menunjukan kinerja terbaiknya dalam bentuk aksi-aksi nyata yang berdampak untuk mendukung pencapaian target-target SDGs.

Siapa yang dapat mengikuti SDGs Award?

   Kementerian/Lembaga

    Pemerintah Daerah Provinsi

    Organisasi Masyarakat Sipil

    Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian

    Pelaku Usaha

    Organisasi Orang muda

Ingin mendapat notifikasi ketika pendaftaran dibuka?

Tinggalkan email Anda, kami akan mengirimkan notifikasi saat pendaftaran telah dibuka