Ini Target-target Pembangunan Dunia yang Belum Bisa Dicapai Indonesia

Ini Target-target Pembangunan Dunia yang Belum Bisa Dicapai Indonesia

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro menyampaikan pidato dalam lokakarya ‘Development Effectiveness to Implementasi The SDGs’, di Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang PS Brodjonegoro menyampaikan, dari 67 indikator Millenium Development Goals (MDGs), Indonesia pada tahun 2015 mampu memenuhi target 49 indikator MDGs.

“Capaian ini cukup baik dibandingkan negara-negara di kawasan Asia-Pasifik,” kata Bambang dalam lokakarya bertajuk “Development Effectiveness to Implement The SDGs” di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Meski terbilang baik, namun Bambang menyadari ada beberapa target MDGs yang belum tercapai, seperti target pengurangan kemiskinan dan target penurunan angka kematian ibu (AKI).

Bambang mengatakan, angka kematian ibu sebetulnya bisa diturunkan dengan cara meningkatkan akses kesehatan kepada masyarakat dan menjamin pemberian layanan yang berkualitas.

Target lain yang belum tercapai di 2015 yaitu pengurangan penyandang HIV/AIDS. Sebenarnya banyak sekali program untuk mengatasi ini. Namun tantangan datang dari masyarakat seperti rendahnya kesadaran atau pengetahuan masyarakat tentang HIV/AIDS, stigma serta diskriminasi terhadap ODHA.

“Malnutrisi juga satu indikator pembangunan (MDGs) yang belum dapat dicapai. Ini disebabkan kurangnya akses makanan dan kesadaran gaya hidup bersih dan sehat,” ucap Bambang.

Selain itu, akses terhadap air bersih dan sanitasi pun belum terpenuhi hingga 2015. Dalam hal ini, tantangan pemerintah adalah kurangnya kemampuan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. Namun demikian, kesadaran masyarakat terhadap sanitasi bersih juga perlu ditingkatkan.

“Ketidakberhasilan ini menjadi pekerjaan rumah yang akan pemerintah kerjakan dalam pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals /SDGs),” kata Bambang.

Sumber : KOMPAS

Leave a Reply

small_c_popup.png

SEGERA DIBUKA PENDAFTARAN
INDONESIA'S
SDGs ACTION AWARDS 2022

Apa itu SDGs Action Awards?

Indonesia’s SDGs Action Awards adalah penghargaan atau apresiasi Pemerintah Indonesia kepada para pihak yang telah menunjukan kinerja terbaiknya dalam bentuk aksi-aksi nyata yang berdampak untuk mendukung pencapaian target-target SDGs.

Siapa yang dapat mengikuti SDGs Award?

   Kementerian/Lembaga

    Pemerintah Daerah Provinsi

    Organisasi Masyarakat Sipil

    Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian

    Pelaku Usaha

    Organisasi Orang muda

Ingin mendapat notifikasi ketika pendaftaran dibuka?

Tinggalkan email Anda, kami akan mengirimkan notifikasi saat pendaftaran telah dibuka