Strategi komunikasi TPB/SDGs untuk tingkatkan kesadaran dan partisipasi seluruh aktor pembangunan

Untuk memperoleh dukungan luas dari berbagai aktor pembangunan, BAPPENAS mengembangkan strategi komunikasi untuk menyukseskan pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) dengan penekanan untuk membangun kesadaran dan menggalang partisipasi semua elemen masyarakat sebagai aktor pembangunan.

“Dengan  strategi komunikasi dan rencana kerja yang jelas, kita dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang TPB/SDGs dengan pendekatan menyeluruh dan kreatif sehingga semua pemangku kepentingan dan masyarakat umum menjadi tahu, berdaya dan dapat secara aktif terlibat dalam kegiatan pembangunan di lingkup mereka sendiri,” jelas Nina Sardjunani, Deputi BAPPENAS bidang Sumber Daya Manusia dan Kebudayaan. – boleh ditambahkan quote strategis lain spt dari Tim Koordinasi Nasional/SDGs Sekretariat

Dengan bermitra dengan Fortune PR, proses mendesain strategi komunikasi dimulai dengan identifikasi situasi saat ini dengan beberapa temuan di lapangan termasuk: masih terbatasnya pengenalan dan pemahaman publik tentang TPB/SDGs dan bahwa publik memerlukan contoh/inspirator untuk ikut berperan dalam kegiatan SDGs di komunitas mereka. Target komunikasi TPB/SDGs dalam periode 6 bulan pertama perlu secara khusus diarahkan untuk membangun kesadaran publik terhadap TPB/SDGs dan keterkaitannya dengan program nasional Nawa Cita dan RPJMN 2015-2019 agar kelompok masyarakat dapat diberdayakan untuk SDGs. Sementara untuk jangka panjangnya, penekanan khusus ditujukan untuk mendorong keterlibatan semua pemangku kebijakan serta menggalang penguatan kemitraan, mobilisasi sumber daya dan jaringan komunikasi mereka.

Perwakilan dari seluruh kementerian dan pemangku kebijakan dilibatkan sebagai narasumber terkait informasi TPB/SDGs untuk kampanye komunikasi. Kampanye komunikasi TPB/SDGs dilakukan dengan menggunakan berbagai media (cetak, TV, radio, media digital & sosial), jalur (iklan, hubungan masysarakat, special events & eksibisi, media digital, sinema, dll), format : talkshow lewat forum pemerintah daerah, akademik, korporasi, lembaga masyarakat dan media sosial; dan komunikasi kreatif seperti infografis, serta kegiatan lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

more insights